RSS

Betapa Pentingnya Makna Tawakkal

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)


Setelah sekian lama berpikir, apa makna tawakkal yang sebenarnya. Ya, tawakkal adalah menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah atas semua ikhtiar yang sudah kita lakukan dan do'a yang telah kita panjatkan. Tawakkal = Ikhtiar + do'a. Ya, benar, saya sedang mendalami dan belajar untuk bertawakkal. Menyerahkan segala keputusannya kepada Allah. Karena kita sebagai manusia tidak tahu apa-apa saja yang terbaik yang sudah ditakdirkan Allah untuk ummatnya. Rezeki, maut, jodoh, semua sudah tertulis jelas di lauhul mahfuzh sana. Lalu apalagi yang perlu diragukan? Hanya ikhtiar memperbaiki segala apapun yang masih bisa diperbaiki dan do'a pastinya.

Mungkin saya akan mendalami makna tawakkal dalam hal jodoh. Hoho.

"Insya Allah kalau gak baik bagi kk, niat itu hilang sendiri..Tapi kalau baik, maka niat itu akan tetap ada..Santai aja, Rul..Semuanya udah ditakdirkan kok, gak bakal terjadi kalau bukan jodoh.."

Astaghfirullaah, #plakkk tertampar rasanya. Saya lupa bahwa semua memang telah ditakdirkan dengan jelas "di sana" olehNYA, Sang Pemberi keputusan terbaik yang senantiasa menggerakkan hati hamba-hambanya.
"gak bakal terjadi kalau bukan jodoh.." Masya Allah, di mana sikap tawakkal-mu, Nurul??
Apa kau ragu dengan takdir-NYA?? Astaghfirullaahal'adziim. Ini hanya bentuk kekhawatiranmu saja atas ketidaksiapan menerima hasil yang akan ditakdirkan olehNYA. Ini semua karena jalanmu dulu yang sudah terlalu jauh itu dan itu yang membuat dirimu tidak siap atas keputusan Allah nanti kan, Rul?? Ah sudahlah..yang lalu biarlah berlalu. Biarkan angin yang membawa masa lalu itu.

Tawakkal memang sulit, sangat sulit jika memang kita benar-benar mendalami makna tawakkal tersebut. Teori gampang, aplikasinya yang sulit. Rabb, Iringi setiap langkah kami, bimbing kami agar senantiasa istiqamah di jalanMU, dan bisa selalu bersikap pasrah atas setiap takdirMU.. Aamiin...