RSS

New Entrepreneur with New Spirit

Bismillaah. Temans, insya Allah tahun ini saya mulai mencoba membuka usaha Bimbingan Belajar bersama dengan teman SMK saya. Semoga Allah berkahi setiap usaha kami. Dan insya Allah mulai pekan ini, bimbingan Belajar kami sudah mulai aktif. Yang namanya buka usaha semua butuh usaha. :D

Awal pembukaan bimbel, saya mulai rapat bersama teman saya, yap berdua. Hanya berdua, aku dan dia. *Ups. Dia nya akhwat lho, bukan ikhwan. Gak boleh su'udzan tuh. :P

Ceritanya mau ngikutin jejak ummul mu'minin, Siti Khadijah yang bakat banget jadi entrepreneur yang sukses! Kalau beliau menjadi pengusaha dalam bidang perdagangan dan dibantu oleh Rasulullaah, bedanya saya ingin menjadi pengusaha dalam bidang pemberian jasa yang dibantu oleh teman saya. hihi ^^

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim)

Kenapa saya memutuskan untuk membuka usaha di bidang ini? karena saya merasa sudah lama bergelut di bidang ini, di beberapa bimbel. Dan alangkah baiknya jika cara-cara yang sudah saya dapatkan di bimbel sebelumnya, saya terapkan di bimbel baru ini. Saya mau berbagi info nih untuk pembuatan bimbel saya bersama teman saya. Mungkin setiap step nya akan berbeda dengan yang lain, jadi jangan jadikan tulisan ini sebagai bahan perdebatan ya jika kita berbeda pendapat. :D
 
First step, pembuatan nama bimbel dan filosofi dari nama bimbelnya, serta penyatuan visi.
Setelah semua clear, kami membicarakan kurikulum yang akan dibuat, anggaran yang diperlukan, serta persiapan administrasi yang diperlukan.
Setelah semua selesai, kami mulai mencari kontrakan di daerah yang sasaran pasarnya buanyak. Ya sekitaran SD, SMP, SMA/K lah ya, dan banyak dilalui angkot agar banyak alternatif jalan yang bisa dilalui. Modal nekat, pagi-pagi, sampai malam-malam nyari-nyari muter mampang, pasar minggu, siaga, lenteng, subhanallaah susahnyooo nyari kontrakan yang murah, tempatnya besar, dan bayarnya per bulan. Akhirnya belum dapet juga kontrakannya hingga sekarang. hoho :D

Tapi ahhh setelah berpikir keras, karena sudah ada murid yang minta bimbel ke saya untuk persiapan UN, 3 orang anak SMK (lumayan lah ya), kami keliling untuk mencari alternatif tempat, yaitu kost-an. :D Setelah keliling pasar minggu siang-siang panas-panasan (curhat), finally kami dapat kost-an harga mahasiswa dengan fasilitas yang gak kalah keren. Tinggal beli perlengkapan yang dibutuhkan aja nih, bi idznillaah! Sambil nyari-nyari kontrakan yang letaknya strategis untuk keberlangsungan usaha bimbel kami. Do'akan semoga barakah ya temans. ^____^